Mengenal USB Type C Lebih Jauh, Kelebihan dan Kekurangannya

USB Type C bisa dikatakan salah satu teknologi USB atau singkatan dari Universal Serial Bus terbaru. Pada dasarnya USB tipe ini memiliki kegunaan seperti tipe-tipe sebelumnya yakni untuk menghubungkan perangkat elektronik seperti laptop, komputer desktop/PC, tablet, smartphone dan perangkat elektronik lainnya, ke perangkat elektronik lain.

USB Type C Adalah

USB memudahkan kamu untuk menghubungkan perangkat yang ingin kamu hubungkan ke sebuah perangkat lainnya. Penggunaannya jauh lebih mudah dibandingkan port-port pendahulunya. Selain itu, port jenis ini juga lebih ringkas dan hemat tempat. Pada dasarnya, USB Type C atau USB-C adalah sistem konektor USB 24 pin yang dibedakan oleh konektor rotasional-simetrikal dua kali lipat. Tipe USB ini disempurnakan pada Agustus 2014, yang secar spesifikasi dikembangkan secara bersamaan dengan USB 3.1. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, kami akan menjelaskan secara lebih dalam mengenai sejarah USB Type C beserta kelebihan dan kekurangan dari port satu ini.

Promo Asus ZenBook Pro Duo Bhinneka - Banner

Apa Itu USB Type C

USB-C atau yang dikenal sebagai USB Type C merupakan sistem konektor USB 24 pin yang dipublikasikan oleh USB Implementer Forum (USB IF) dan disempurnakan pada Agustus 2014. Jenis USB ini dikembangkan bersamaan dengan USB 3.1. Pada Juli 2016, USB Type C diadopsi oleh IEC sebagai IEC 62680-1-3. Pada dasarnya, perangkat yang menggunakan port ini tidak perlu mengimplementasikan USB 3.1, USB Power Delivery, atau mode lain karena konektor USB tipe ini umum untuk beberapa teknologi yang hanya dibekali dengan lubang port USB tipe ini.

Tipe-tipe USB (Unversal Serial Bus) Lainnya

USB dirancang untuk memberikan kecepatan transfer dan juga fungsionalitas pada sebuah perangkat. USB sendiri memiliki beberapa versi, diantaranya: USB Type A, USB Type B, dan yang terakhir USB Type C. Berikut penjelasan ketiga jenis USB tersebut dan juga perbedaannya.

Baca Juga  10 Aplikasi Desain Rumah PC Terbaik 2019 Bisa Untuk Pemula

1. USB Type A

Jenis USB ini merupakan jenis USB yang kita tahu dan kenal selama ini. Konektor USB ini memiliki bentuk persegi panjang dan tebal dan juga konektor standar yang digunakan pada banyak perangkat.

USB Type C Adalah 1

Selain itu, ada dua bagian yang ada pada type USB ini, yang pertama adalah A-male yang merupakan konektor yang terdapat pada kabel. Sedangkan A-Female adalah tempat dimasukkannya port A-male. USB Type A memiliki beberapa versi, diantaranya USB 1.1, USB 2.0, dan USB 3.0. Kelebihan USB tipe ini adalah, selama masih sama A-femalenya, kamu bisa memasukkan kabel USB kamu walaupun serinya lebih tinggi, sebagai contoh: jika kamu memiliki sebuah hardisk eksternal USB 3.0, kamu bisa menggunakannya pada USB 2.0, begitu pula sebaliknya. Selain itu, tipe USB ini memiliki beragam varian; Mini Type-A dan Micro Type-A, namun kedua varian tersebut tidak pernah digunakan dan sudah ditinggalkan.

2. USB Type-B

Pada sebuah kabel USB Type-B biasanya memiliki port USB Type-A juga yang berfungsi untuk menghubungkannya ke perangkat lain.

USB Type C Adalah 2

B-female juga terdapat pada beberapa perangkat seperti printer, hardisk eksternal, dan juga telepon. Selain itu, ada beberapa tipe USB Type-B. Diantaranya adalah:

  • Standard-B: jenis USB Type B ini pertama kali dibuat untuk USB 1.1 dan digunakan pada USB 2.0. Selain itu, jenis USB Type B ini digunakan pada perangkat besar seperti printer atau scanner.
  • Mini-B USB: seperti namanya, jenis USB Type B ini memiliki ukuran yang kecil dan bisa ditemukan pada perangkat portable lawas seperti kamera digital atau drive portable lawas.
  • Micro-B: jenis USB Type B ini memiliki ukuran yang lebih kecil dari Mini-B. Kamu bisa menemukan jenis USB ini diperangkat yang lebih terkini seperti smartphone Android keluaran terbaru.
  • Micro-B USB 3.0: biasanya memiliki ujung USB Type-A berwarna biru. Jenis USB ini digunakan untuk drive portable dengan USB 3.0.
  • Standard-B USB 3.0: pada dasarnya jenis ini sangat mirip dengan jenis Standard-B, akan tetapi kecepatan transfernya lebih cepat daripada versi Standard-B biasanya.
Baca Juga  Inilah Kelebihan dan Kekurangan Windows, Apa Saja?

Kelebihan dan Kekurangan USB Type C

1. Kelebihan

  • Mampu mentransfer data lebih cepat.
  • Mendukung fitur fast charging.
  • Mampu bekerja pada semua bagian tanpa harus bergantung pada orientasi pemasangan.

2. Kekurangan

  • Memiliki tingkat bahaya yang tinggi.
  • Kabel USB Type C yang palsu akan menimbulkan bahaya.
  • Belum ada standardisasi.

Kesimpulan

Bisa disimpulkan bahwa USB Type C memiliki keunggulan yang diantaranya kecepatan transfer yang kencang banget. Selain itu, tipe USB ini juga sudah mendukung fitur fast charging. Akan tetapi, apabila kamu ingin membeli kabel USB Type C, ketika kabel lama kamu sudah nggak bisa dipakai lagi, kami sarankan untuk membeli yang original. Demikian artikel Laptopnesia kali ini tentang USB Type C. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment