Home » Review Game » Yakuza 6: The Song of Life – Masalah Baru Kazuya Kiryu

Yakuza 6: The Song of Life – Masalah Baru Kazuya Kiryu

Yakuza 6

Tak disangka, Yakuza 6: The Song of Life akhirnya dirilis ke PC. Hal ini menjadi berita gembira untuk para PC master race untuk kembali memainkan seri game yang tadinya hanya ada di konsol. Game Yakuza keenam ini dirilis 2 bulan setelah Yakuza 5. Game besutan SEGA ini menawarkan cerita yang gelap, namun dengan humor-humor dewasa yang segar, dan juga dibalut dengan mini game yang seru. Hal ini yang menjadi daya Tarik game Yakuza selain kalian bisa berkeliling di kota dengan leluasa.

Di kota di dalam dunia Yakuza, kalian bisa ke berbagai tempat seperti tempat judi, bahkan ke tempat prostitusi. Sebuah game dengan tema open world yang sebelumnya pernah diusung oleh game pendahulunya, Shenmue namun dengan tema yang berbeda. Sebagai game yang dirilis di konsol generasi lama, PS4, grafis dari Yakuza 6 pun belum ketinggalan zaman. Game dari SEGA ini dirancang dengan engine baru bernama Dragon Engine. Untuk lebih lengkapnya, Laptopnesia akan membahas game Yakuza 6: The Song of Life pada artikel ini. Penasaran? Ikuti artikel ini hingga akhir.

Yakuza 6

Storyline Yakuza 6: The Song of Life

Pada dasarnya seri keenam ini adalah lanjutan dari game Yakuza 5. Di akhir game tersebut anak angkat sang tokoh utama, Haruka Sawamura menjadi seorang idola. Akan tetapi, pengakuan Haruka atas statusnya adalah seorang anak dari seorang Yakuza bernama Kazuma Kiryu mengejutkan publik. Sang tokoh utama, pun di waktu yang bersamaan telah menghentikan perang Yakuza di lima kota dan diakhiri dengan adegan Kiryu dalam keadaan terjatuh.

Baca Juga  Yakuza: Like a Dragon – Hadir dengan Gaya Turn Based RPG

Kiryu akhirnya pulih dari kondisi sekaratnya tersebut, dan membawanya ke rumah sakit. Setelah pulih, dia menyerahkan hidupnya ke dalam tahanan ketika polisi mendatangi dirinya di rumah sakit. Masa tahanan Kiryu selama tiga tahun, dan setelah bebas Kiryu memutuskan akan hidup secara damai dan hidup bersama anaknya, Haruka yang sebelumnya menjadi seorang Idol. Namun, setelah keluar dari penjara, Kiryu menemukan Haruka tidak ada lagi di panti asuhan.

Yakuza 6

Akhirnya, Kiryu kembali menjelajahi Kamurocho demi mencari informasi terkait keberadaan Haruka dan ingin tahu keadaan sang anak angkatnya tersebut. Pencarian anak angkatnya tersebut menemukan ujungnya. Sayangnya, pertemuan Kiryu dengan anak angkat kesayangannya itu sedang terbaring koma karena kecelakaan di kota Kamurocho. Tak hanya itu saja, Kazuya Kiryu dihadapkan dengan kejadian aneh di mana ternyata Haruka telah memiliki anak bernama Haruto.

Kiryu tidak ingin menyerahkan Haruto ke panti asuhan dan membiarkan merawat bayi kecil tersebut. Di sini Kiryu mencari siapa ayah anak tersebut. Pencarian tersebut membawa Kiryu ke Hiroshima dan ia dihadapi dengan sekelompok Yakuza bernama Yomei Alliance yang menjadi penjaga di daerah Hiroshima.

Gameplay dan Grafis Yakuza 6: The Song of Life

Sebagai game yang dirilis di konsol generasi sebelumnya, sebenarnya grafis yang dimiliki oleh Yakuza 6 belumlah kadaluarsa. SEGA merancang game ini dengan menggunakan sebuah engine bernama Dragon Engine yang merupakan engine yang ingin memaksimalkan performa yang dimiliki oleh konsol PS4. Alhasil grafis yang ditampilkan pada game ini terasa setiap detailnya. Kalian akan melihat Kamurocho dengan detail yang semakin realistis dan tata cahaya yang semakin apik. Selain itu, Dragon Engine juga memungkinkan lingkungan kota yang lebih hidup dan ramai. Kalian bisa melihat mobil yang lalu lalang dan juga padatnya orang-orang di kota.

Baca Juga  Trials of Mana – JRPG Klasik dengan Sentuhan Baru

Yakuza 6

Ditambah lagi, kalian kini bisa memasuki Millenium Tower dan masuk ke dalam mall-nya. Dengan engine ini, kalian bisa menikmati pertarungan di dalam ruangan. Presentasi yang ditampilkan oleh Dragon Engine dalam game Yakuza 6 ini bagi kami sangatlah memuaskan.

Kalian akan dihadapkan dengan misi utama dan juga misi sampingan. Selain itu, ada fitur GPS untuk membantu klian untuk menunjukkan arah tempat yang akan kalian tuju. Elemen RPG di game ini juga sangat kental. Di sini kalian bisa meningkatkan kemampuan dan stats yang dimiliki oleh Kiryu, mulai dari Strenght, Agility, Spirit, Technique, dan Charm yang ditandai dengan beberapa warna. Untuk meningkatkan stats dan skill tersebut, tentu kalian harus meningkatkan experience melalui pertarungan dan misi-misi yang kalian jalankan.

Bukan Yakuza namanya kalau tidak ada yang namanya mini game. Kalian akan disuguhkan segudang mini game yang seru apabila kalian mainkan di tengah-tengah kebosanan. Di sini kalian juga menemukan unsur-unsur dewasa yang baru kalian temukan seperti Live Chat dengan teman kencan berupa bintang film dewasa Jepang. Battle pada game ini juga terlihat lebih cair dan kalian tidak akan menemukan banyak loading di sini. Ketika musuh datang, Kiryu akan bersiap-siap dengan kuda-kudanya.

Kesimpulan

Yakuza sudah secara resmi bukan game yang hanya di rilis di konsol saja. Bagi kalian para gamers PC akhirnya bisa menikmati game satu ini di PC kalian. Dan Yakuza 6 adalah game Yakuza yang patut kalian mainkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *