Tips Merakit Mini PC Gaming yang Tepat dan Cermat

Mini PC gaming adalah solusi bagi kamu yang mau main game PC tapi ruangannya pengin tetap lega. Banyak yang menyangka bahwa PC gaming ukuran ringkas nggak mungkin memiliki performa yang setara dengan PC dengan casing mid-tower atau casing full tower.

Alasannya adalah casing mid-tower atau full tower bisa menampung komponen lebih banyak dibandingkan casing mini-tower.

Sebenarnya nggak salah sih dengan argumennya bahwa dengan menggunakan casing full-tower atau mid-tower gamers bisa menggunakan kartu grafis lebih dari satu ataupun menggunkan pendingin lebih banyak untuk pendinginan yang lebih maksimal.

Namun, apabila tujuan kamu hanya ingin mencapai grafis terbaik dengan fps tertinggi dengan komputer gaming desktop yang ringkas pun bisa kamu capai kok.

Nah, bagi kamu yang ingin membangun PC gaming mini, kami akan memberikan beberapa tips dan beberapa rekomendasi komponen-komponen yang bisa kamu pilih. Berikut tips-tipsnya:

Tips Merakit Mini PC Gaming yang Tepat dan Cermat

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika kamu membangun PC gaming ukuran ringkas. Penasaran? berikut tips merakit mini PC gaming.

1. Cari Casing Mini Tower dengan Kualitas Terbaik dan juga Ruangan yang Luas

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah cari casing dengan kualitas yang baik dan juga ruangan yang luas. Ada beberapa brand yang bisa kamu percayai, diantaranya Corsair, Thermaltake, Cougar, dan masih ada beberapa yang lainnya. Banyak casing mini-tower yang juga memiliki kaca akrilik supaya kamu bisa melihat bagian dalamnya.

Baca Juga  10 Game Strategi Perang PC Terbaik 2019 yang Wajib Dimainkan

Selain itu cari casing mini-tower yang mampu menampung kartu grafis high-end seperti RTX 2080 Ti atau Radeon RX Vega 64 yang biasanya berbadan bongsor. Nah berikut, rekomendasi casing mini-tower dari Laptopnesia:

  • Corsair Obsidian 250D

Harga: Rp 1,615,000

Mini PC Gaming 1

Casing mini-tower pertama rekomendasi kami adalah Corsair Obsidian 250D. Bagi kamu yang doyan main game, siapa yang nggak tahu Corsair?

Corsair merupakan salah satu merk terpopuler yang di Indonesia pun bisa dicari dengan sangat mudah. Salah satu produk rekomendasi produknya adalah Corsair Obsidian 250D.

Casing mini tower ini mampu menampung kartu grafis hingga sepanjang 290 mm dan juga power supply ATX ukuran standar. Maka, kamu nggak perlu khawatir ketika ingin menggunakan kartu grafis high-end.

  • Thermaltake Level 20 XT

Harga: Rp 3,162,000

Mini PC Gaming 2

Casing kedua untuk mini PC gaming kamu adalah Thermaltake Level 20 XT. Casing ini adalah salah satu produk terbaik yang bisa kamu pilih untuk merakit pc gaming mini dengan spesifikasi tinggi.

Selain itu, casing satu ini juga sudah mendukung konfigurasi RGB yang bisa membuat komputer kamu tampak warna-warni layaknya pelangi.

  • Corsair Carbide Air 240

Harga: Rp 1,500,000

Mini PC Gaming 3

Casing ketiga yang cocok untuk PC gaming mini kamu adalah produk dari Corsair lagi. Produk tersebut ialah Corsair Carbide Air 240.

Yang keren dari casing ini adalah materialnya yang dari baja. Casing ini memungkinkan kamu untuk membangun konfigurasi dua GPU.

2. Pilih Motherboard mini ITX dengan Fitur Beragam

Salah satu kekurangan dari motherboard mini ITX adalah slot memorinya yang cuma 2 buah. Maka dari itu, kami sarankan untuk menggunakan 2 keping memori RAM total minimal 16 GB, karena gaming sekarang seenggaknya minimal requirement untuk RAM-nya 8 GB. Berikut motherboard mini ITX terbaik untuk rig mini PC gaming kamu:

  • ASUS ROG Strix Z370-I Gaming

Harga: Rp 4,015,000

Motherboard Mini 1

ASUS merupakan salah satu produsen perangkat keras komputer terbaik yang pernah ada, dan salah satu produk terbaiknya adalah ASUS ROG Strix Z370-I Gaming.

Baca Juga  10 Motherboard Gaming High-end Terbaik Kelas Sultan 2019

Motherboard ini bisa dibilang motherboard mini ITX ini sudah mendukung prosesor Intel Core i7 generasi ke-8 yang merupakan prosesor i7 soket 1151 dengan 6 core.

  • ASRock Z390 Phantom Gaming Mini ITX

Harga: Rp 3,386,000

Motherboard Mini 2

Jika kamu pengin coba prosesor Intel generasi ke-9, kamu bisa mencoba membeli motherboard satu ini. Walaupun motherboard ini berukuran mini, kamu bisa memasang 3 hingga 4 buah SSD atau HDD untuk media penyimpanan. Sudah tentu motherboard ini cocok banget untuk konfigurasi mini PC gaming kamu.

  • ASUS ROG Strix X470-I

Harga: Rp 4,510,000

Motherboard Mini

Nah, bagi kamu penggemar kubu merah tentu ada juga motherboard yang bisa mendukung mini PC gaming. ASUS menyuguhkan sebuah motherboard yang tepat sekali bagi kamu yang ingin menggunakan Ryzen 7 yang bisa bersaing dengan Intel Core i7 atau i9 soket 1151.

Selain itu, motherboard ini juga sudah mendukung SSD dengan soket M.2 yang mana mampu memberikan performa lebih kencang dibandingkan SSD SATA.

Kesimpulan

Kamu kini sudah bisa membangun PC gaming mini sesuai dengan apa yang kamu mau, dan tentu dengan performa yang memuaskan.

Harga juga bisa kamu sesuaikan kok dengan budget kamu. Bagaimana? Semakin tertarik membangun PC gaming ringkas?

Demikian artikel Laptopnesia tentang tips merakit mini PC gaming yang bisa memainkan game terkini dengan performa dan grafis terbaik. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment