Pengertian Access Point Untuk Komputer serta Fungsi dan Keunggulannya

Teknologi internet nirkabel atau yang sering disebut dengan Wi-Fi kini sudah semakin berkembang menjadi semakin canggih. Akan tetapi hal tersebut bukan berarti teknologi ini tanpa kekurangan, terutama untuk kebutuhan bisnis. Di kantor yang besar dengan lalu lintas internet yang padat, biasanya menggunakan Wi-Fi access point. Berbeda dengan ukuran ruangan yang kecil dengan pengguna yang tak terlalu banyak sehingga bisa menggunakan router Wi-Fi dan range extender. Lalu apa pengertian access point? Apa saja fitur yang dimilikinya? Dapatkan jawabannya di sini.

Pengertian Access Point

Pengertian access point adalah sebuah perangkat yang dapat membuat jaringan area lokal nirkabel (Wireless Local Area Network) untuk ditempatkan di kantor atau ruangan besar lainnya. Sebuah access point tersambung pada router, switch, atau hub melalui kabel Ethernet kemudian memancarkan sinyal Wi-Fi untuk suatu area tertentu.

Pengertian Access Point

Sebagai contoh, jika misalnya ada salah suatu ruangan di kantor yang tidak terjangkau oleh Wi-Fi dan kamu ingin ada akses internet di dalam ruangan tersebut, maka kamu bisa memasang sebuah access point di dalam ruangan itu dan menyambungkannya ke ruang server melalui sebuah kabel Ethernet yang dipasang tersembunyi di balik atap.

Sebelumnya kami pernah membahas artikel tentang WiFi. Kunjungi artikel ini dan ini untuk informasi lebih lengkap tentang WiFi.

Pengertian Range Extender

Pengertian range extender adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk memperluas jangkauan Wi-Fi. Akan tetapi dikarenakan range extender terhubung tanpa kabel ke sebuah router Wi-Fi, maka perangkat tersebut harus diletakkan tidak terlalu jauh dari jangkauan router, bukan di tempat yang benar-benar tidak terjangkau.

Baca Juga  5 Laptop 3 Jutaan Terbaik, Dengan Spek Terbaik 2018

Sebagai contoh, apabila router yang ada di rumah kamu diletakkan di lantai 1 dan kamu ingin bisa menikmati koneksi internet di lantai 2, maka kamu bisa memasang range extender di dekat tangga, di mana posisi tersebut masih bisa menjangkau internet yang dipancarkan oleh router, namun tidak terlalu kuat. Dengan begitu kamu bisa mengakses internet di lantai 2 dengan koneksi yang sama kuat dengan lantai 1.

Apa Kelebihan Access Point?

Meskipun range extender memiliki fungsi yang sangat baik untuk meningkatkan kualitas koneksi internet di ruang yang jauh dari jangkauan router di rumah, namun perangkat ini sebetulnya kurang efisien untuk kebutuhan bisnis modern. Hal ini dikarenakan perangkat ini tidak bisa menangani perangkat dalam jumlah banyak, pada umumnya tidak bisa lebih dari 20 perangkat.

Pengertian Access Point

Meskipun range extender memang bisa meningkatkan jangkauan internet di rumah, namun perangkat ini tidak bisa menambahkan kapasitas bandwidth yang ada. Itu artinya, semakin banyak perangkat yang tersambung, maka range extender bisa menjadi salah satu hal yang membebani kecepatan internet.

Di sisi lain, access point dapat menangani lebih dari 60 perangkat yang tersambung secara bersamaan. Dengan memasang access point, semua orang yang ada di dalam gedung bisa tetap tersambung dengan internet meskipun mereka berpindah dari satu ruangan ke ruangan lain.

Ketika mereka berpindah ruangan, perangkat yang mereka miliki akan secara otomatis beralih dari satu access point ke access point lain dalam satu gedung tanpa ada gangguan pada koneksinya. Bahkan pengguna tak akan sadar bahwa perangkat mereka sudah berpindah koneksi antar jaringan.

Keunggulan lain yang dimiliki oleh access point adalah fitur standar tambahan seperti dukungan Captive Portal dan Access Control List (ACL). Dengan begitu kamu bisa membatasi akses internet ketika ada tamu berkunjung sehingga keamanan jaringan bisa tetap terjaga. Selain itu kamu juga bisa dengan mudah mengelola pengguna yang ada di dalam jaringan Wi-Fi.

Baca Juga  Jenis Windows 10 Yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Membeli

Walaupun Begitu, Kekurangan Tetap Ada

Walaupun memiliki banyak kelebihan, menggunakan access point pun tetap saja memiliki kekurangan, diantaranya adalah:

  1. Ketika menggunakan access point, secara otomatis jaringan WiFi dapat diakses oleh publik. Hal ini dapat memungkinkan ada yang mengambil informasi probadi kita. Oleh karena itu, ketika menggunakan access point kita harus lebih menjaga keamanannya agar orang luar nggak dapat mengakses jaringan kita.
  2. Kamu mungkin dapat dengan bebas menggunakan akses internet dimana saja selama masih ada di sekitar area yang terkena jaringan WiFi. Namun terkadang ketika kamu berada di jarak yang agak jauh, sinyal akan berkurang. Di samping itu, interferensi akan menimbulkan gangguan saat melakukan transfer antar perangkat.

Demikian artikel Laptopnesia kali ini tentang pengertian access point. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment