Tahukah Kamu Perbedaan DDR3 dan DDR4 ? Mari Kita Bedah !

Artikel laptopnesia kali ini akan membahas perbedaan DDR3 dan DDR4. Sebelumnya kami pernah membahas perbedaan ddr3 dan ddr3l. Bagi kamu yang suka otak-atik komputer dan juga main game tentu kamu tahu apa itu memory RAM. Memory adalah salah satu komponen terpenting pada komputer atau laptop. Pada memory dikenal sebuah istilah bernama DDR. DDR sendiri memiliki kepanjangan Double Data Rate, dan kini DDR tersebut sudah mencapai tipe 4.

Perbedaan DDR3 dan DDR4 (Apakah Itu RAM?)

Sebelum membahas DDR, kami akan menjelaskan apa itu RAM. Istilah RAM atau singkatan dari Random-access memory merupakan sebuah bentuk penyimpanan data komputer yang menyimpan data dan kode mesin yang sedang digunakan. Memory RAM memungkinkan ihwal-ihwal data untuk dibaca atau ditulis pada jumlah waktu yang terlepas yang sama pada lokasi fisik pada data yang ada di dalam memory.

Promo Laptop Lenovo Yoga Terbaru

Perbedaaan DDR3 dan DDR4

RAM terdiri dari sirkuit multiplexing dan demultiplexing yang berfungsi untuk menghubungkan jaringan data ke penyimpanan yang dituju untuk membaca dan menulis entri. Biasanya lebih dari 1 bit penyimpanan diakses oleh alamat yang sama, dan perangkat RAM memiliki banyak jaringan data dan disebut sebagai perangkat “8-bit” atau “16-bit”, dan seterusnya.

Pada teknologi terkini, RAM mengambil alih bentuk sirkuit terintegrasi. Di samping itu, RAM terasosiasi dengan beberapa tipe memory dimana informasi yang disimpan akan lenyap ketika komputer dimatikan.

Dijaman sekarang ada dua bentuk RAM yang digunakan, diantaranya adalah SRAM (static RAM), dan juga DRAM (dynamic RAM). Pada SRAM, beberapa data disimpan menggunakan 6 sel memory transistor. Jenis RAM ini lebih mahal biaya produksinya, namun RAM ini lebih cepat dan menggunakan daya yang lebih kecil daripada DRAM. Pada komputer modern, SRAM sering digunakan untuk memory cache pada CPU.

Baca Juga  Kelebihan dan Kekurangan Windows 10 yang Harus Kamu Ketahui

Perbedaan DDR3 dan DDR4 (Sedangkan Apa Itu DDR?)

Sebelum membahas perbedaan DDR3 dan DDR4, kami akan menjelaskan apa DDR itu. DDR sendiri mentransfer data bersama dengan bus komputer pada kenaikan dan turunnya tepi sinyal clock. Selain tiu, DDR juga dikenal dengan istilah double transition, double pumped, atau dual-pumped. Clock signal pada komputer merupakan signal tertentu yang berkisar antara keadaan rendah dan juga rendah dan dipakai seperti sebuah metronome untuk mengkordinasi kerja sirkuit digital.

Perbedaaan DDR3 dan DDR4

Kini DDR sudah mencapai tipe ke-4. Untuk seri Intel, tipe memory RAM dengan DDR4 pertama kali dapat ditemukan pada motherboard dengan chipset LGA 2011 v3. Arsitektur processor pertama yang kompatibel dengan memory tipe ini adalah Haswell-E. Selain itu, processor dengan arsitektur ini hadir dengan 6 core dan 8 thread. Pada masa itu, processor ini merupakan processor kelas dewa yang cuma bisa dibeli sama para sultan.

Perbedaaan DDR3 dan DDR4

Pengembangan pun terus berlanjut, Intel pun merilis socket dan chipset kelas menengah untuk motherboard yang sudah kompatibel dengan DDR4 yakni Skylake. Skylake merupakan processor Intel generasi ke-6 yang tidak lama, Intel merilis generasi selanjutnya yaitu Kaby Lake. Banyak yang mengatakan bahwa Kaby Lake merupakan seri yang nanggung, karena beberapa processornya hanya memiliki sedikit pengembangan. Namun, nggak seburuk itu kok, Kaby Lake punya performa yang oke banget.

Perbedaaan DDR3 dan DDR4

AMD pun, setelah diremehkan karena menjadi processor boros daya tapi performa biasa aja, hadir dengan Ryzen yang kinerjanya bisa menyaingi processor Intel. AMD nggak tanggung-tanggung menyematkan inti lebih banyak (untuk Ryzen 7, intinya mencapai 8 buah). Selain itu, motherboard dengan platform AMD Ryzen ini memiliki fitur memory DDR4 yang dapat dioverclock.

Apakah Perbedaan DDR3 dan DDR4?

Setelah membahas beberapa informasi tentang RAM dan DDR, kami kini akan membahas perbedaan DDR3 dan DDR4. Seperti yang kami bahas sebelumnya, DDR4 merupakan tipe DDR untuk RAM terbaru dipasaran. Walaupun begitu, masih banyak orang yang menggunakan generasi sebelumnya, yakni DDR3.

Baca Juga  10 Merk Laptop Terbaik 2019 (Peringkat Apple Mengecewakan?)

Perbedaaan DDR3 dan DDR4

DDR4 merupakan versi pengembangan dari DDR3 (tentu saja). Pengembangannya tidak hanya dari aspek kecepatan clock, namun juga konsumsi daya, pengurangan latensi, dan juga timing. Memory DDR3 memiliki kecepatan clock diantaranya: 1333 Mhz, 1600 Mhz, 1866 Mhz, dan juga yang tertinggi 2133 Mhz.

Sedangkan DDR4, mampu mentransfer data pada angka 2133 Mhz hingga 4266 Mhz. Tak hanya itu, DDR4 juga menggunakan voltase yang lebih rendah. Ketika RAM DDR3 menggunakan voltase pada 1.5V, dan DDR3L menggunakan 1.35V dan 1.5V, DDR4 RAM menggunakan 1.2V. Kelihatannya memang bukan perbedaan yang signifikan, apalagi melihat ke tagihan listrik kamu. Namun kamu bisa mendapatkan performa yang lebih kencang dengan daya yang nggak besar.

Bagaimana dengan perbedaan DDR3 dan DDR4 Dalam Aspek Harga?

Untuk sekarang, secara harga antara memory RAM single channel 4 GB DDR3 dan DDR4 tidak terlalu jauh. Kamu bisa mendapatkan single channel memory 4 GB dengan rentang harga 500 hingga 600 ribuan. Namun, sekarang tinggal kebutuhan kamu. Jika kamu masih menggunakan komputer dengan motherboard dengan chipet yang mendukung processor berarsitektur Haswell, apalagi Intel Core i7, kami rasa kamu nggak perlu upgrade dulu untuk 1-2 tahun karena Intel Core i7 Haswell masih mumpuni banget untuk menjalankan game-game terkini.

Tapi kalau kamu menginginkan performa yang lebih, membayar dengan harga lebih nggak ada salahnya kok untuk mendapatkan motherboard yang sudah kompatibel dengan memory DDR4.

Promo Lenovo Yoga Terbaru

Demikian artikel Laptopnesia kali ini tentang perbedaan DDR3 dan DDR4. Ingin mengganti? Semua terserah kamu. Dan akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat. Selamat upgrade!

Leave a Comment