Review Acer Aspire VX 15, Spesifikasi Gaming, Harganya ?

Acer Aspire VX 15 merupakan laptop gaming yang bukan dari lini gaming laptop yang dimiliki Acer. Yang kita tahu, untuk Gaming, Acer merilis Predator untuk disandingkan dengan jajaran laptop gaming pesaing-pesaingnya. Namun, untuk memenuhi permintaan para gamers dengan budget terbatas, Acer mencoba merilis lini Nitro dan juga laptop Aspire VX 15. Spesifikasinya juga nggak main-main, Acer menyematkan NVIDIA GeForce GTX 1050 Ti 4GB untuk urusan menoglah grafis, dan juga processor Intel Core i7 generasi ke-7.

Review Acer Aspire VX 15

Nggak cuma itu, walaupun laptop ini dibanderol dengan harga yang terjangkau, Acer nggak ragu-ragu untuk menggunakan perpaudan SSD dan HDD untuk media penyimpanan data. Tentu, ketika boot atau loading akan terasa cepat dengan menggunakan SSD. Bagaimana dengan memori? Acer Aspire VX 15 menggunakan RAM sebesar 16 GB DDR4. RAM 16 GB merupakan spesifikasi standar supaya kamu bisa memainkan game-game terkini dengan setting high dan frame rate tinggi.

Harga Acer Aspire VX 15

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, untuk melebarkan pasar, selain lini Predator Nitro (untuk pasar Indonesia, sedangkan untuk pasar global menggunakan nama Nitro saja), Acer merilis seri Aspire yang mana walaupun bukan lini laptop gaming, pada seri VX 15 mereka mencoba menggunakan spesifikasi dan desain laptop gaming. Laptop ini hadir dengan 2 tipe yakni dengan sistem operasi Windows 10 Home dan juga Linux.

Laptop ini dibanderol dengan harga kisaran Rp 17,000,000. Tinggal kamu memilih mana yang lebih cocok dengan kamu. Namun, kami menyarankan untuk menggunakan versi Windows 10 untuk kompatibilitas lebih.

Bagaimana dengan Desain Acer Aspire VX 15?

Bagi kamu yang suka desain laptop gaming yang futuristik yang menampilkan bentuk yang seperti pesawat atau mobil sport, laptop ini memang buat kamu. Namun, walaupun memiliki desain bodi yang futuristik, laptop ini memiliki material yang nggak terlalu kokoh. Mungkin hal ini dikarenakan untuk menekan biaya produksi agar Acer tetap dapat mengeluarkan laptop gaming berspesifikasi oke, namun dengan harga yang relatif terjangkau.

Review Acer Aspire VX 15

Bila dibandingkan dengan Asus TUF Gaming yang mana seri yang bisa disandingkan dengan seri ini, desain laptop ini nggak sesimpel laptop besutan Asus tersebut. Kamu bakal melihat ventilasi sirkulasi udara pada bagian bawah yang desainnya sangat laptop gaming yang keluar beberapa tahun lalu. Mengapa kami bilang seperti itu? Laptop gaming kini berlomba-lomba memiliki desain yang sesimpel-simpelnya.

Selain itu, bezel-nya juga nampak tebal. Hal ini yang membuat laptop dengan layar berukuran 15.6 inci ini terlihat bulky. Bagi kamu yang lebih suka layar dengan bezel tipis, sudah tentu laptop ini bukan buat kamu.

Performa yang Nggak Main-main

Walaupun laptop ini materialnya nggak begitu kokoh karena terbuat dari plastik, untuk urusan performa jangan dianggep remeh. Laptop ini ditenagai oleh processor Intel Core i7-7700HQ yang bisa dioverclock frekuensinya bagi kamu yang mau nge-push lagi performanya. Mungkin Acer juga belum mau menggunakan processor i7 generasi ke-8 karena ingin menekan biaya produksinya. Selain itu, untuk kartu grafisnya, Acer menggunakan NVIDIA GeForce GTX 1050 Ti.

Review Acer Aspire VX 15

Kombinasi GPU dan CPU tersebut bisa melibas game-game triple A terkini tanpa lag. Main GTA V dengan resolusi Full HD dan setting high bisa mencapai frame rate tinggi. Namun, kalo kamu main dengan setting ultra, laptop ini akan mengalami fps drop. Laptop ini dapat disandingkan dengan HP Omen 15 yang harganya lebih tinggi yakni sekitar 20 jutaan.

Performa baterai pada laptop ini menurut kami agak mengecewakan bila dibandingkan dengan HP Omen 15. Aspire VX 15 hanya mampu bertahan 2 jam 53 menit ketika diuji dengan aplikasi berat. Untuk sesi gaming yang lebih lama, kami sarankan kamu menggunakan adaptor.

Kesimpulan

Acer Aspire VX 15 dapat dijadikan alternatif bagi kamu yang mau mendapatkan performa gaming namun dengan harga dibawah 20 juta. Namun bagi kami harganya masih agak mahal jika dibanding dengan saudaranya, Predator Nitro 5. Predator Nitro 5 sudah menggunakan prosesor Intel Core generasi ke-8 yang mana tentunya performanya lebih tinggi daripada Intel Kaby Lake. Akan tetapi walaupun begitu laptop gaming ini masih layak kamu bawa pulang untuk menemani sesi gaming kamu.

Spesifikasi Acer Aspire VX 15

Platform
Tipe Laptop
OS Windows 10
Tipe Prosesor Intel Core i7
Prosesor OnBoard Intel® Core™ i7-7700HQ Processor (6M Cache, 2.80 GHz)
Grafis Intel HD Graphics 630
Memori
RAM 16GB
Tipe RAM DDR4
HDD 1 TB
SSD 128 GB
Grafis
GPU Nvidia Geforce GTX 1050 Ti / 1050 4 GB
Ukuran Layar 15.6 inci
Resolusi Layar Full HD 1920 x 1080 piksel
Bodi
Ukuran 389 x 265.5 x 28/28.9 mm
Berat 2.5 kg
Pilihan Warna Black
Lainnya
Speaker 2 Built-in Stereo Speakers
WebCam Yes
Wi-Fi 802.11 ac
Bluetooth Yes
Keyboard Backlit Keyboard
Touchpad Yes
Port USB Type C, USB 3.0, USB 2.0, RJ45, Card Reader, HDMI
Battery 3-Cell Li-Ion

 

Leave a Comment