Review ASUS TUF Gaming FX505, Spesifikasi dan Harganya?

ASUS TUF Gaming FX505 hadir setelah baru saja dirilisnya FX504. Sebenarnya seri ini dirilis bersamaan dengan FX705. Walaupun bukan dari keluarga lini ROG, laptop gaming ini memiliki beragam fitur keren yang nggak kalah ciamik dengan apa yang dimiliki oleh laptop ROG. Kamu dapat menemukan fitur-fitur seperti Anti-Dust Cooling, AURA Sync RGB Keyboard, dan juga NanoEdge Display. Yang lebih kerennya lagi laptop gaming ini di banderol dengan harga yang sangat murah untuk kelasnya.

Pada laptop gaming keluarga TUF ini, ASUS mendesain bodinya dengan ringkas dan tipis. Ketebalannya hanya 6,5 milimeter. Nggak cuma itu, walaupun bukan dari keluarga lini ROG, laptop gaming ini didesain dengan material yang kuat yakni alumunium yang bersertifikasi militer. Ngeri nggak tuh?

Review ASUS TUF Gaming FX505, Spesifikasi dan Harganya

Untuk performanya ASUS membekali laptop ini dengan prosesor Intel Core i7 dan Core i5 generasi ke-8 yang sudah memiliki 6 inti dan 12 untaian untuk seri i7-nya dan 4 inti dan 8 untaian untuk seri i5-nya. Sedangkan untuk VGA-nya, ASUS memercayakannya dengan produk NVIDIA. Kamu bisa memilih 3 varian NVIDIA GeForce GTX Pascal diantaranya GTX 1050, GTX 1050 Ti, dan juga GTX 1060.

Selain itu, untuk media penyimpanannya, ASUS membekali dengan tiga jenis media penyimpanan yakni HDD, M.2 SSD, dan Optane Memory. Jika kamu memilih media penyimpanan SSD untuk system-nya, kamu akan mendapatkan performa dan kecepatan yang jauh lebih unggul daripada hanya menggunakan HDD. Sedangkan, untuk memori-nya ASUS memberikan memori RAM DDR4 sebesar 8 GB dengan kecepatan 2666 MHz untuk semua varian.

Harga ASUS TUF Gaming FX505

Seperti yang kita ketahui bahwa, ASUS kini mengungguli perang laptop gaming untuk beberapa tahun ke belakang ini dengan seri ROG. Namun, sepertinya ASUS tahu bahwa banyak orang yang ingin memiliki laptop gaming, oleh karena itu, seri TUF gaming dirilis untuk mereka yang mau lebih berhemat walaupun banyak hal yang dipangkas seperti material dan beberapa yang lainnya.

Review ASUS TUF Gaming FX505, Spesifikasi dan Harganya

Jika laptop ROG dengan spesifikasi minimal i7 bisa mencapai Rp 20 jutaan ke atas, laptop ini dibanderol dengan harga nggak mencapai 20 juta bahkan nggak lebih dari 15 juta. Bagi kamu yang udah nabung dan mau langsung beli laptop gaming bertenaga, nah kamu bisa jadikan FX505 menjadi pilihan. Kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp 14,700,000

Desain Keren Dengan Bundle Paten

Untuk laptop gaming kelas lebih terjangkau seperti FX503, ASUS mendesain laptop tersebut dengan tampilan yang seperti laptop biasa. Nggak ada ornamen-ornamen yang dapat kamu temukan pada seri ROG.

Bezel layar pada seri lamanya pun tebal. Nah, pada seri FX505 ini ASUS sepertinya ingin memberikan pengalaman yang sama bagi para gamers dengan budget pas-pasan seperti memiliki laptop dari keluarga ROG dengan menampilkan tampilan khas laptop gaming yang memiliki ornamen futuristik. Seri FX505 juga tampil lebih elegan karena layar dengan bezel tipis. Maka dari itu, ukurannya jika dibandingkan dengan pendahulunya, FX504, nampak lebih kecil.Review ASUS TUF Gaming FX505, Spesifikasi dan Harganya

Pada paket penjualannya, ASUS menyertakan sebuah backpack dengan kompartemen besar. Backpack ini nggak nampilin kesan yang gaming banget sih emang, tapi backpack ini tampil keren juga kok dengan tampilan tas sederhana. Nggak hanya tas, ASUS juga memberikan sebuah mouse gaming dengan nama TUF Gaming Mouse M5. Walaupun mouse ini, mouse “bonusan”, kamu nggak boleh ngeremehin karena mouse ini memiliki durabilitas tinggi dan ergonomis.

Performa Kencang dan Memuaskan

Laptop ini hadir dengan 2 pilihan processor Intel Core Coffee Lake. Kamu bisa memilih i7-8750H atau i5-8300H. Tentu saja jika kamu mau processor kelas tertinggi, uang yang kamu keluarkan akan lebih. Namun sayangnya, pada awal pembelian, ASUS hanya memberikan memori DDR4 8 GB single channel. Jika kamu mau kinerja yang lebih oke kami sarankan tambahkan menjadi 16 GB dual channel.

Pengolahan grafisnya juga udah sangat oke sih. Kamu bisa memilih antara GTX 1050, GTX 1050 Ti, atau GTX 1060. Jika kamu mau main game-game triple A terbaru seperti The Rise of Tomb Raider, Forza Horizon, Far Cry 5, dan yang lainnya dengan frame rate tinggi pada settingan high, kami sarankan untuk memilih VGA GeForce GTX 1060.

Kelap-kelip dengan RGB Backlit

Kami sebenarnya nggak begitu tahu kapan gamers itu diidentifikasikan dengan kelap-kelip RGB. Tapi emang sih, dengan cahaya RGB, perangkat gaming kelihatan lebih cakep dan rame. ASUS TUF Gaming FX505 dibekali dengan keyboard dengan backlit LED RGB yang bisa kamu atur dengan software bernama AURA Sync RGB sehingga kamu bisa mempersonalisasikan laptop kamu sesuka kamu.

Review ASUS TUF Gaming FX505, Spesifikasi dan Harganya

Spesifikasi ASUS TUF Gaming FX505

Platform
Tipe Laptop
OS Windows 10
Tipe Prosesor Intel Core i7
Prosesor OnBoard Intel® Core™ i7-8750HQ Processor (9M Cache, 2.20 GHz)

Intel® Core™ i5-8300HQ Processor (8M Cache, 2.30 GHz)

Grafis Intel HD Graphics 630
Memori
RAM 8GB
Tipe RAM DDR4
HDD 1 TB
SSD 128 GB

256 GB

512 GB

Grafis
GPU Nvidia Geforce GTX 1050

Nvidia Geforce GTX 1050 Ti

Nvidia Geforce GTX 1060

Ukuran Layar 15.6 inci
Resolusi Layar Full HD 1920 x 1080 piksel
Bodi
Ukuran 360.4 x 262 x 25.8 cm
Berat 2.2 kg
Pilihan Warna Black
Lainnya
Speaker Integrated 2W
WebCam Yes
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac
Bluetooth Yes
Keyboard Backlit Keyboard
Touchpad Yes
Port USB Type C, USB 3.0, USB 2.0, RJ45, Card Reader, HDMI
Battery 4-Cell 2526

Kesimpulan

Tunggu apalagi untuk membeli laptop ASUS TUF Gaming FX505. Kamu bakal dapet performa yang hampir setara dengan seri ROG. Selain itu, laptop ini memiliki build quality yang lebih baik daripada pendahulunya. Nggak hanya itu, tampilannya lebih kece karena display dengan bezel lebih tipis dan kamera yang masih terletak di atas. Demikian artikel Laptopnesia yang membahas review ASUS TUF Gaming FX505. Semoga bermanfaat!

 

Leave a Comment