Tips Memilih Spesifikasi Komputer Server Untuk Kantor Kamu

Spesifikasi komputer server tentunya berbeda dengan komputer rumahan atau komputer gaming. Umumnya komputer server menggunakan processor yang berbeda. Jika komputer rumahan yang digunakan untuk mengerjakan tugas sudah cukup menggunakan processor dual core dan kapasitas hardisk 500 GB atau begitu juga komputer gaming, walaupun membutuhkan spesifikasi tinggi, dengan menggunakan processor quad core, dan kartu grafis mumpuni yang harganya sekitar 2 hingga 3 jutaan, menjalankan game pun bisa lancar.

Tips Memilih Spesifikasi Komputer Server Untuk Kantor Kamu

Sedangkan untuk komputer server, kamu membutuhkan spesifikasi yang berbeda. Mengapa? Komputer server sendiri merupakan komputer yang menyediakan layanan bagi komputer client dengan menyediakan berbagai sumber daya. Dapat dikatakan komputer server berfungsi sebagai komputer yang memiliki wewenang akan akses internet, printer yang digunakan bersama-sama, hardisk berkapasitas tinggi yang digunakan untuk mengumpulkan file bersama, dan lainnya.

Komputer server sebenarnya tidak hanya digunakan oleh perusahaan, namun instansi atau institusi seperti sekolah ataupun tempat seperti perpustakaan pusat menggunakan komputer server yang berguna untuk database mereka. Artikel Laptopnesia kali ini akan membahas spesifikasi komputer server dan info-info yang mencakupinya.

Spesifikasi Komputer Server (Fungsi Komputer Server)

Sebelumnya kami telah menjelaskan bahwa komputer server berfungsi sebagai komputer yang bertanggung jawab melayani permintaan komputer client. Dapat dikatakan komputer ini merupakan komputer pusat. Sebagai contoh, jika kamu sering ke warnet atau warung internet, komputer server ini memiliki fungsi sebagai komputer yang memiliki otoritas akses internet.

Selain itu, komputer server yang ada di kantor umumnya digunakan sebagai penyimpanan dokumen bersama dalam lingkup jaringan dile sharing. Menyediakan database yang digunakan semua komputer juga menjadi salah satu fungsi dari komputer server. Di samping itu, komputer server semestinya melindungi komputer client dari virus dan malware dengan memasang antivireus dan firewall pada komputer tersebut.

Tips Memilih Spesifikasi Komputer Server Untuk Kantor Kamu

Biasanya pengguna komputer server tidak bisa sembarangan. Hal ini dikarenakan, seperti yang kami jelaskan bahwa komputer server berguna sebagai komputer pusat yang bertanggung jawab akan komputer client, komputer server menyimpan banyak data penting yang bila salah orang data-data atau file-file tersebut memiliki resiko hilang atau hal buruk lain. Tak hanya itu, komputer server juga memiliki peran penting terhadap komputer client. Oleh karena itu, jika komputer server bermasalah, komputer client juga ikut bermasalah.

Spesifikasi Komputer Server (Perbedaannya dengan Komputer Workstation?)

Sebagian mungkin ada yang bingung apakah perbedaan komputer server dengan workstation? Sudah tentu berbeda. Umumnya komputer server menggunakan sistem operasi berbeda dengan komputer umum yang digunakan rumahan atau bermain game. Sistem operasi yang digunakan biasanya Windows Server. Sedangkan komputer workstation, merupakan komputer yang berfungsi untuk membantu perhitungan ilmiah, teknis atau keperluan sejenis. Sudah tentu komputer workstation harganya jauh lebih mahal.

Tips Memilih Spesifikasi Komputer Server Untuk Kantor Kamu

Sebagai contoh jika komputer biasa harga VGA cardnya paling mahal hanya mencapai 20 jutaan (untuk keluaran terbaru seperti GeForce RTX 2080 Ti), Kartu grafis workstation bisa mencapai 50jutaan. Selain itu, umumnya komputer workstation biasanya menggunakan sistem operasi UNIX atau yang mirip dengan sistem operasi tersebut.

Spesifikasi Komputer Server (Jenis-jenis Komputer Server)

Selanjutnya setelah kami menjelaskan fungsi komputer server dan perbedaannya dengan komputer workstation, kami akan menejelaskan jenis-jenis komputer server. Berikut jenis-jenis komputer server:

  1. Server Aplikasi

Komputer server jenis ini berfungsi sebagai media penyimpanan aplikasi yang mana aplikasi tersebut dapat diakses oleh komputer client. Umumnya komputer server jenis ini digunakan pada perusahaan-perusahaan atau instansi-instansi berskala besar.

  1. Database Server

Komputer server jenis ini memiliki fungsi untuk menyediakan layanan pengelolaan basis data untuk komputer lain. Sebagai tambahan, komputer server jenis ini berfunsi untuk menganalisis data, pengarsipan, penyimpanan data, dan yang lainnya.

  1. Mail Server

Komputer server jenis ini berfungsi untuk menjalankan aplikasi atau perangkat lunak mail server. Oleh karena itu pengguna dapat mengirim email atau surel melalui jaringan internet.

  1. Web server

Komputer server ini merupakan komputer server dengan piranti lunak yang berfungsi untuk menerima permintaaan melalui protokol HTTP atau HTTPS berupa halaman web dari client yang setelah itu web server merespon hasil permintaan tersebut dalam bentuk halaman-halaman web.

Spesifikasi Komputer Server

Platform Tower
Processor Intel Xeon E3-1220v5 3.0GHz Turbo 3.5Ghz 8MB Cache
Chipset Intel® C232 Chipset
Memori 8 GB DDR4 ECC
Kapsaitas Penyimpanan 1 TB SATA HDD / 1 TB SSD
HDD Bays 3 x Internal 3.5”HDD Bays

1 x Internal 2.5”Disk Bay

Jaringan 2 x Intel® I210AT
Grafis Aspeed AST1400 with 64MB VRAM
Front I/O Ports 2 x USB 2.0 ports

2 x USB 3.0 ports

1 x Microphone port (with optional MIO card)

1 x Headphone port (with optional MIO card)

Rear I/O Ports 1 x External Serial Port

2 x RJ-45 ports

2 x USB 3.0 ports

2 x USB 2.0 ports

1 x VGA port

1 x PS/2 KB/MS port

Sistem Operasi Pendukung Windows® Server 2008

Windows® Server 2012

RedHat® Enterprise Linux

SuSE® Linux Enterprise Server

CentOS

VMware

Citrix XenServer

Power Supply Single 500W 80 PLUS Bronze

Power Supply Rating: 100-240V, 6/3A, 50-60Hz, Class I

Masih banyak jenis komputer server lain seperti file server, proxy server, cloud server, dan juga VPS server. Demikian artikel Laptopnesia kali ini tentang spesifikasi komputer server. Semoga bermanfaat!

 

Leave a Comment