Perbedaan VGA AMD vs NVIDIA Serta Kelebihan & Kekurangannya

Soal urusan gaming dan multimedia di PC atau laptop, ada 2 merk kartu grafis yang paling banyak digunakan yaitu AMD dan NVIDIA. Perbedaan yang paling mencolok dari VGA AMD vs NVIDIA adalah dari kualitas grafisnya. Pada saat bermain game atau menonton film HD kartu grafis adalah salah satu komponen yang bekerja paling keras. VGA bekerja dengan prosesor dan RAM untuk membuat tampilan grafis visual terlihat seperti apa yang seharusnya.

vga amd vs nvidia

Baik AMD Radeon atau NVIDIA, keduanya sama-sama kartu VGA paling banyak digunakan. Mana yang lebih baik untuk PC dan laptop ? Apa bedanya performa VGA AMD vs NVIDIA ?

Perbedaan VGA AMD vs NVIDIA

Berikut ini perbedaan kartu VGA NVIDIA vs AMD berdasarkan kegunaaanya. Siapa yang lebih baik ?

1. VGA NVIDIA Lebih Cocok untuk Gaming

Kartu VGA NVIDIA adalah kartu grafis diskrit yang paling cocok untuk gaming di PC atau laptop. Berbeda dengan AMD, NVIDIA lebih fokus menggarap grafis untuk gaming. Kebanyakan fitur yang dimilikinya lebih fokus untuk meningkatkan kualitas grafis, video, kehandalan menampilkan konten 3D, dan untuk melahap game kelas berat.

Selain itu, alasan kenapa VGA NVIDIA lebih cocok untuk gaming adalah karena kebanyakan developer game membuat dan merancang game dengan perangkat NVIDIA. Fitur Physx pada NVIDIA juga ditujukan untuk membuat detail game lebih hidup.

kartu vga amd vs nvidia

Pada tahun 1999, NVIDIA memulai debutnya sebagai komponen grafis yang memang dirancang khusus untuk gaming. Kehadiran NVIDIA membawa angin segar pada industri gaming. Pada saat itu, dunia game jauh lebih berkembang setelah kemunculan NVIDIA. Sekarang, NVIDIA merancang grafis dengan dukungan AI sehingga bisa bertindak sebagai perangkat tepat untuk teknologi automasi di masa depan.

Baca Juga  Pemutar Video Terbaik PC (Langsung Download Gratis!)

2. VGA AMD Lebih Cocok untuk Multimedia

VGA AMD Radeon paling cocok untuk kebutuhan multimedia. Untuk kamu yang suka nonton film resolusi HD, Full HD, atau 4K UHD grafis AMD Radeon adalah pilihan yang tepat. AMD punya banyak dukungan ekstensi pendukung untuk membuat video beresolusi tinggi. Fitur unggulan seperti CUDA memungkinkan VGA memantau kinerja CPU saat memutar video beresolusi tinggi.

Teknologi pada VGA AMD dapat memaksimalkan proses pengolahan gambar, video, rendering 3D, dan lain sebagainya. Kebanyakan laptop atau desktop buatan Apple menggunakan AMD Radeon sebagai kartu grafisnya karena pengguna MacBook atau iMac menggunakan komputer mereka untuk mengolah gambar dan video.

3. Harga VGA AMD vs NVIDIA

Dari segi harga, VGA AMD Radeon lebih murah dibanding NVIDIA. Harganya yang murah membuat PC dan laptop dengan VGA AMD kebanyakan dibanderol dengan harga cukup terjangkau (kecuali Apple). Akan tetapi sayangnya meski harganya murah, VGA AMD kurang banyak dilirik konsumen karena performanya kurang oke untuk gaming.

vga nvidia vs amd

Sebaliknya, harga VGA NVIDIA lebih mahal dan variannya lebih banyak. Harga yang lebih mahal mendongkrak harga PC dan laptop dengan NVIDIA. Namun meskipun mahal, tapi kualitas grafisnya lebih cocok untuk mayoritas konsumen Indonesia yang lebih senang gaming ketimbang multimedia.

Kelebihan dan Kekurangan AMD Radeon

Kelebihan VGA AMD Radeon adalah lebih cocok untuk multimedia. AMD Radeon dibekali fitur UVD (Unified Video Decoder) yang dapat menampilkan video dengan resolusi sangat tinggi. Fitur ini tidak dimiliki oleh NVIDIA. Kemudian dukungan fitur Eyefinity, memungkinkan kamu bisa menggabung 6 monitor sekaligus untuk mendapat tampilan gambar ekstra luas. Kemudian dari segi harga dan konsumsi listrik, AMD Radeon lebih baik dibanding NVIDIA.

Baca Juga  Tahukah Kamu Perbedaan DDR3 dan DDR4 ? Mari Kita Bedah !

Kekurangan VGA AMD Radeon adalah tidak cocok untuk gaming. AMD Radeon tidak mendukung Physx sehingga tampilan grafis terlihat tidak detail. Main game di PC dengan AMD Radeon tentu akan lebih menggangu dibanding NVIDIA.

Kelebihan dan Kekurangan NVIDIA

Kelebihan VGA NVIDIA adalah lebih cocok untuk gaming dan developer game. Pada logo NVIDIA, kerap muncul tulisan “It’s Meant to be Played.” Yang berarti VGA ini memang didesain untuk gamers. NVIDIA juga bekerjasama dengan banyak developer game terkemuka dunia. Tujuannya, agar grafis pada game terlihat lebih halus ketika dimainkan di PC dengan VGA NVIDIA dibanding AMD.

Kekurangan VGA NVIDIA adalah kemampuannya dalam memutar video beresolusi tinggi kurang baik. Buat kamu yang suka nonton film favorit berkualitas Bluray atau di monitor Full HD atau 4K UHD harus cukup kecewa dengan VGA ini. Karena tidak mendukung teknologi UVD sehingga membuat proses decoding video masih harus melibatkan prosesor utama. Kekurangan lain dari AMD adalah konsumsi listrik yang terbilang boros. VGA ini menyedot listrik lebih banyak dibanding kompetitor terdekatnya, yaitu AMD.

Leave a Comment