6 Cara Meningkatkan Performa Laptop Low End Tanpa Aplikasi

Halo guys, kali ini Laptopnesia mau membahas bagaimana cara meningkatkan performa laptop low end paling ampuh. Kamu pasti kesal dong kalau lagi asik-asiknya menggunakan laptop tiba-tiba laptop hang. Laptop yang hang biasa disebabkan performanya yang menurun. Performa laptop tentu bisa menurun terutama jika laptop sering digunakan untuk mengolah banyak data dan menggunakan banyak aplikasi. Laptop yang jarang dirawat juga bisa menyebabkan performa laptop menurun.

Cara Meningkatkan Performa Laptop

Sekencang apapun performa laptop kamu, kalau digunakan dalam waktu lama bisa membuat laptop hang atau turun performanya. Sebenarnya cara meningkatkan performa laptop sangat mudah, khususnya laptop low end. Laptop low end memiliki spesifikasi yang rendah, oleh karena itu jika digunakan dalam waktu lama performanya akan turun lebih cepat. Logikanya, jika laptop high end bisa lemot jika usianya sudah 8 tahun, maka pastinya laptop low end bisa lebih cepat lemot, entah mungkin 2 atu 3 tahun lebih cepat.

Secara umum, sebenarnya yang harus kamu lakukan adalah sering-sering melakukan perawatan secara rutin. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk mengatasi laptop low end yang lemot atau sering hang.

Cara Meningkatkan Performa Laptop

Banyaknya data yang diolah lalu menumpuk dalam memori dan proses multitasking yang berat adalah dua faktor yang menyebabkan kinerja laptop melambat. Sebenarnya untuk meningkatkan performa laptop, yang harus kamu lakukan adalah dengan cara meningkatkan kapasitas RAM. Selain itu, kapasitas storage juga harus ditingkatkan untuk memberi ruang lebih luas untuk menyimpan data-data aplikasi dan sistem. Sebenarnya cara meningkatkan performa laptop yang paling efektif adalah dengan mengganti storage dari HDD menjadi SSD (jika dimungkinkan).

Cara Meningkatkan Performa Laptop

Cara Meningkatkan Performa Laptop Low End

Tapi bagaimanapun juga untuk meng-upgrade kapasitas RAM dan mengganti storage tentunya membutuhkan dana yang besar. Jika kamu memiliki bujet terbatas dan ingin meningkatkan performa laptop low end, ikuti langkah berikut ini. Laptopnesia akan memberitahu cara meningkatkan performa laptop low end dengan “mengakali” sistem komputer Windows.

Baca Juga  Cara Mengatasi Laptop Lemot (Dijamin Ampuh)

1. Hapus File Sampah di Recycle Bin

Jika kamu menghapus file dari komputer biasanya file tersebut akan disimpan sementara di dalam Recycle Bin. Dalam jangka waktu tertentu, jika file tersebut tidak dibutuhkan lagi maka dihapus permanen oleh sistem. File yang disimpan di dalam Recycle Bin akan membebani sistem dan kapasitas storage laptopmu. Untuk itu, hapus segera file di dalam Recycle Bin dengan cara

  • klik kanan ikon Recycle Bin di halaman utama Windows
  • Setelah itu pilih Empty Recycle Bin.

Cara Meningkatkan Performa Laptop

Jika kamu ingin file yang dihapus tidak dikirim ke Recycle Bin, jangan hanya tekan Delete saja. Tekan tombol Delete + Shift sehingga file yang kamu hapus akan langsung dihapus secara permanen.

2. Uninstal Aplikasi Tidak Penting

Aplikasi bawaan dan beberapa aplikasi yang tidak terlalu penting pastinya akan membebani sistem. Selain itu, aplikasi yang tidak digunakan juga akan memakan kapasitas storage laptopmu. Sayang sekali bukan sistem, RAM, dan Storage laptopmu terbuang untuk aplikasi yang tidak berguna. Daripada terus jadi beban lebih baik hapus saja aplikasi tersebut. Selain itu, uninstal aplikasi membantu meningkatkan performa laptop karena bisa melegakan kapasitas RAM dan storage. Cara untuk uninstal aplikasi di Windows adalah:

  • Klik Start > Control Panel > Uninstal a Program
  • Klik aplikasi yang tidak berguna untukmu dan klik tulisan uninstal di atasnya.

Cara Meningkatkan Performa Laptop

3. Kurangi Aplikasi yang Berjalan saat Startup Windows

Pada saat startup Windows, biasanya ada banyak aplikasi yang ikut berjalan di latar belakang. Inilah yang menjadi penyebab kenapa laptop menjadi semakin lemot. Cara meningkatkan performa laptop yang paling cepat adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak terlalu penting. Caranya sangat mudah:

  1. Tekan tombol Windows + R setelah itu ketik msconfig
  2. Setelah itu pilih tab Startup lalu klik centang lepas pada aplikasi yang ingin kamu nonaktifkan.

Cara Meningkatkan Performa Laptop

4. Kustomisasi Virtual Memory

Virtual Memory berfungsi seperti RAM namun tidak memiliki peran yang sama besar. Virtual Memory dapat meningkatkan performa laptop. Kamu bisa mengatur berapa besar kapasitas yang disediakan untuk Virtual Memory. Cara untuk mengaktifkannya adalah:

  • Masuk ke Control Panel > System Security > System
  • Setelah itu pilih tab Advanced lalu pilih Settings pada Performance
  • Pilih tab Advanced kemudian pilih Change pada menu Virtual Memory.
Baca Juga  Keyboard Laptop Tidak Berfungsi? Begini Cara Mengatasinya

Klik centang lepas pada Automatically manage paging file size for all drives. Pilih Custom Size lalu isi berapa besar Virtual Memory yang kamu inginkan. Kamu bisa mengisi kapasitas Virtual Memory hingga separuh Maximum Size. Setelah selesai, klik Set lalu OK.

Cara Meningkatkan Performa Laptop

5. Aktifkan Disk Cleanup dan Disk Defragment

Disk Cleanup dan Defragment sangat penting untuk membersihkan data-data sampah yang hanya membebani sistem. Data-data sampah akan menghalangimu untuk meningkatkan performa laptop. Untuk membersihkan data sampah cukup mudah. Klik kanan pada drive yang ingin dibersihkan lalu pilih Properties. Cari dan klik tombol Disk Cleanup. Sementara itu, untuk Defragment bisa dengan cara berikut ini:

  • Klik kanan pada drive yang ingin dibersihkan lalu pilih Properties
  • Setelah itu klik tab Tools lalu tekan tombol Defragment Now.

Cara Meningkatkan Performa Laptop

6. Nonaktifkan Search Indexing

Pada Windows fitur Search Indexing berfungsi mempercepat pencarian pada sistem operasi. Namun sebagai konsekuensinya, fitur ini bisa memperlambat performa laptop. Oleh karena itu matikan fitur Search Indexing dengan cara:

  • Klik kanan Start Menu lalu pilih Computer Management
  • Klik dua kali pada Services and Applications, kemudian pilih Services
  • Cari Windows Search lalu klik dua kali
  • Setelah muncul halaman pop up klik Startup type dan pilih manual atau disable, kemudian OK.

Cara Meningkatkan Performa Laptop

Nah itu dia 6 cara meningkatkan performa laptop dengan mudah dan cepat. Kamu bisa terapkan semua cara di atas agar laptopmu kencang kembali seperti saat pertama kali dibeli. Kemudian jika kamu punya bujet lebih kamu bisa meningkatkan performa laptop low end dengan menambah kapasitas RAM. Baca di sini untuk tahu merk RAM yang bagus dan baca di sini untuk tahu cara pasang RAM di komputer. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Comment