Cara Merakit PC yang Baik dan Benar (Dengan Gambar)

Kemunculan prosesor baru yang memiliki tenaga semakin besar seperti Ryzen dari AMD dan Core Generasi ke-8 dari Intel telah menarik lebih banyak peminat untuk merakit pc. Akan tetapi masih ada saja orang-orang yang tidak ingin merakit pc karena beberapa alasan seperti repot dan mahal. Padahal dengan merakit sendiri komputermu, kamu bisa mendapatkan performa sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang lebih tepat sasaran. Merakit komputer juga bukanlah hal yang hanya bisa dilakukan oleh gamer atau teknisi komputer saja. Berikut akan kami jabarkan mengenai cara merakit pc dengan lengkap dan mudah untuk kamu ikuti.

Cara Merakit PC yang Baik dan Benar

Meskipun harga komponen pc sedang naik belakangan ini karena nilai tukar rupiah yang melemah, namun merakit sendiri komputer yang kamu inginkan memiliki lebih banyak manfaat jika dibandingkan dengan membeli desktop yang sudah jadi. Kamu bisa memilih sendiri setiap butir komponen komputer yang kamu inginkan mulai dari inti pemrosesan, pengolah grafis, hingga yang terkecil yakni mur dan baut. Tak hanya itu, kamu juga bisa menentukan sendiri tampilan komputer mu dengan memilih case yang sesuai dengan selera pribadi. Kamu tidak harus memiliki tampilan komputer berwarna hitam dengan desain yang membosankan.

Cara Merakit PC yang Baik dan Benar

Apakah kamu ingin merakit pc berukuran besar yang memuat komponen ganas dan dilengkapi dengan sistem pendingin cair? Bisa! Atau mungkin kamu lebih ingin merakit komputer yang lebih ringkas, namun tetap bisa melaksanakan tugas-tugas berat seperti mengedit video bahkan bermain game? Bisa! Semua pilihan ada di tanganmu.

Yang lebih menguntungkannya lagi ketika kamu merakit sendiri komputer kesayanganmu, kamu bisa memilih sendiri dan membandingkan harga komponen dari setiap toko dan mendapatkan harga yang paling menarik. Dibandingkan jika kamu membeli komputer jadi dengan harga selangit dan belum tentu sesuai dengan yang kamu inginkan, sehingga membuat uang yang kamu keluarkan menjadi kurang efektif. Dan ketika kamu sudah selesai merakit komputermu, kamu akan merasakan sebuah kepuasan tersendiri ketika menyalakannya untuk pertama kali.

Baca Juga  Cara Membuat Daftar Isi di Word 2010 (Otomatis Langsung Jadi)

Cara Merakit PC yang Baik dan Benar

Tapi memang kami akui bahwa merakit pc membutuhkan sedikit pengetahuan lebih mengenai komputer karena merakit komputer bukan sekadar menghubungkan kabel ke colokan yang sesuai. Oleh karena itu kami hadir di sini untuk membantumu menuntun dan menunjukkan cara merakit pc yang baik dan benar dari awal hingga akhir. Atau kamu hanya ingin tahu cara memasang salah satu komponennya saja? Berikut adalah link untuk penjelasan cara pemasangan masing-masing komponen.

  1. Menghindari Kesalahan Umum Ketika Merakit PC
  2. Cara Memasang atau Mengganti Kipas Komputer
  3. Cara Memasang Power Supply di Komputer
  4. Cara Memasang Prosesor Intel atau AMD di Komputer
  5. Cara Memasang Memori RAM di Komputer
  6. Cara Memasang Motherboard di Komputer
  7. Cara Memasang VGA atau Kartu Grafis di Komputer
  8. Cara Memasang Hard Disk di Komputer

Mungkin kamu tidak tahu, tetapi orang yang sudah sering merakit pc baru pun kadang masih melewatkan atau lupa dengan beberapa hal yang bisa menyebabkan hal yang fatal. Nah kami di sini hadir untuk membantu Anda menghindari kesalahan tersebut dengan panduan yang mudah diikuti dan Anda bisa merakit sendiri pc kesayangan dengan dua tangan Anda sendiri. Selamat merakit!

Leave a Comment